Ads

Kenuntungan Menjadi Petani Budi daya ikan lele


Budi daya ikan lele, dengan berbagai macam jenis lele seperti lele dumbo, lokal dan sebagainya tentu sudah cukup banyak dan sudah lama di dengar oleh masyarakat dan digeluti oleh masyarakat indonesia. di bandingkan budidaya ikan lain, minat masyarakat untuk membudiyakan ikan lele ini memang lebih tinggi dan merata di berbagai daerah seluruh indonesia. lantas mengapa masyarakat lebih menyukai membudidayakan ikan lele dumbo maupun lokal, dibadingkan ikan tawar lainnya ?
marilah kita jawab semua di sini :
A.Keuntungan memilih usaha atau bisnis budidaya ikan lele
Bukan alasan orang memilih berinvestasi dalam usaha/bisnis budidaya ikan lele.ternyata, ada sejumlah keungulan dan kekurangan dalam usaha/bisnis budidaya ikan lele ini :
a. Tahan Banting
Lele ikan yang terkenal dengan istilah "tahan banting". untuk dapat bertahan hidup, ikan lele tidak butuh kondisi atau persyarata air khusus seperti ikan ikan lainya. ikan lainnya memerlukan oksigen terlarut dalam air yang cukup, sedangkan lele tidak terlalu membutuhkannya. lele dapat menghirup udara dengan cara menyembul keatas air, karna lele memiliki alat pernafasan tambahan yang di sebut labirin. dengan kemampuan berikut lele dapat di budidayakan di berbagain daerah di indonesia.
b. Masa Pemeliharaan Lebih Singkat
masa pemeliaharaan ikan lele lebih singkat dibandingkan ikan lainnya, baik pembenihan maupun pembesaraan. dalam budidaya ikan lele secara intensif hanya membutuhkan waktu 2 bulan sajauntuk mencapai ukuran konsumsi.

pilih penebaran rendah atau padat?
dalam budi daya pembesaran ikan lele secara insentif, dikatakan jika populasinya antara 150-200 ekor/m3. untuk memcapai ukuran konsumsi membutuhkan waktu 2-3 bulan. artinya, dalam satu tahun bisa di panen 6 kali setahun.

sebalikanya, disebut penebaran padat apabila populasi lele anatara 200-300 ekor/m3. untuk memcapai ukuran konsumsi di butuhkan waktu sekitar 3 bulan dan dapat di panen dalam 1 tahun 4 kali.
menguntungkan yang mana penebaraan rendah apa padat?

menurut beberapa pembudidaya ikan lele lebih menguntungkan penebaran padat walaupun memakan waktu sedikit lama dan panen pertahun tak sesering penebaran rendah, tetepi produktivitasnya lebih tinggi di bandingkan penebaran rendah.
c. Tehnik Pemeliharaan cukup sederhana
dibandingkan ikan lainnya ikan lele lebih mudah dan sederhana dengan alat seadanya dan bahan seadanya yang mudah di temui di sekitar kita. namun, ada satu hal yaitu ketelatenan

dalam pengantian air pun tidak harus seperti ikan lainnya. malah pada tahap pertama 10 hari pertama di anjurkan tidak menganti airnya sama sekali. dalam budidaya lele tidak perlu sistem air deras seperti ikan lainya.
d. siklus Keuangan Cepat
masa pembenihan dan pembesaran sangat lah singkat dan membuat siklus keuang sangat lah cepat. karena itu, tidak perlu lama menikmati keuntungan budidaya ikan lele. dan apabila mempunyai kolam lebih banyak siklus keuangan akan lebih cepat dan dapat di manfaatkan membeli benih dan pakan dan lainya.selain itu pembudidaya dapat mengatur waktu setiap minggu atau bulan untuk panen. dengan cara penebaran bibit dengan bergilir dengan interval menurut waktu rencana panen atau target dasar
e. Benih Relatif Murah dan Gampang Diperoleh
pada pembesaraan lele, salah satu keuntungan lainya adalaha harga benih yang tidak terlalu mahal. sebagai berikut :


selain murah, benih lele relatif mudah di dapat, karena hampir di setiap daerah ada terhadat petani pembenihan lele.
f. Relatif Terhadap Penyakit
walupun lele tdak bersisik namu lele di persenjatai oleh lendir yang melapisi kulitnya. untuk melindungi kulit dan tubuhnya terhadat penyakit, karena itu, hindari perlakuan terhadapat lele yang dapat merduksi atau mengikis lendir di kulit lele. dalam pemeliharaan memngunkan prinsip "mencegah daripada mengobati" akan menghidari lele dari penyakit.
g. Permintaan Pasar Stabil
Permintaan lele, baik benih maupun konsumsi sangatlah stabil,bahkan terus meningkat.permintaan lele di serapa oleh segmen warung tenda atau populer warung pecel lele. selain itu supermarket, restoran, dan kontinu. restoran dan hotel membutuhkan lele konsumsi ukuran biasa, baik lele hisup atau lele segar ( dalam keadaan mati).supermarket umumnya lele segar ukuran 6-10 ekor/kg. selain itu,supermarket meminta fillet lele dengan ukurang minimum 500 gram.

0 Response to "Kenuntungan Menjadi Petani Budi daya ikan lele"