Ads

Memulai Usaha Rumahan


Semua bidang usaha, apapun itu pastinya memerlukan strategi khusus agar usaha yang dijalankan berjalan dengan baik, tak terkecuali usaha rumahan.
Strategi yang baik tentunya akan menghasilkan sesuatu yang baik pula. Karena dalam usaha, tanpa strategi dalam menjalankannya maka hasilnya juga tidak akan baik pula. Bahkan bisa mengakibatkan kegagalan usaha.
Tujuan utama orang membuka usaha adalah mendapatkan hasil yang sebesar-besarnya, dengan pengeluaran yang sekecil-kecilnya.
Nah untuk mencapai tujuan utama tadi, maka dibawah ini akan diulas mengenai strategi dalam merintis usaha rumahan, diantaranya:

Buat Rencana Sebelum Memulai Usaha

Jadikan rencana usaha anda sebagai arahan, jangan sampai menjadi penghalang. Karena usaha memerlukan rencana yang matang, namun jangan sampai anda terlalu banyak berencana tapi tidak segera menjalankanya. Rencanakan dengan matang tentang apa (yang akan dijadikan usaha) , bagaimana (usaha anda dijalankan), siapa (yang menjadi target usaha), di mana (anda menjalankan usaha), dan kapan (usaha anda dijalankan).

Kelola Modal Dengan Sebaik-baiknya

Karena ini usaha rumahan, maka modal usaha biasanya berasal dari modal pribadi. Kalaupun ada investor yang menanam modal, biasanya itu dalam ukuran kecil ataupun terbatas. Anda harus cermat dalam mengelolanya, karena itu akan berpengaruh dalam usaha anda kedepanya. Cek secara berkala/tiap hari, buat pembukuan tentang pengeluaran dan pemasukan.

Minimalisir Pengeluaran

Hindari biaya pengeluaran yang tidak perlu, karena berhemat adalah cara untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selalu cari suplier yang menawarkan harga paling ringan. Jika tidak mampu membeli secara tunai, beranikan untuk berkredit.

Cek Laba Tunai

Ini untuk memastikan bahwa laba yang anda tulis dalam pembukuan adalah nyata. Karena belum tentu apa yang anda tulis di dalam pembukuan sama dengan yang anda peroleh. Karena biasanya laba yang anda tulis masih ada yang dalam bentuk piutang.

Beri Kepuasan  Pelanggan

Pelanggan adalah aset terbesar usaha anda, maka layani pelanggan dengan sebaik-baiknya. Jangan buat pelanggan kecewa.

Pelayanan Ekstra Kepada Pelanggan Produktif

Walaupun semua pelanggan adalah raja, namun ada baiknya beri pelayanan ekstra kepada pelanggan yang memberikan laba banyak. Tanpa menyampingkan pelanggan yang lain tentunya.

Beriklan Dengan Tepat

Promosikan usaha anda secara tepat sasaran, jangan asal berpromosi karena promosi juga membutuhkan biaya. Ini berpengaruh di dalam pengeluaran usaha, dan nantinya akan berdampak ke laba. Promosi sangat penting, tapi alangkah baiknya tepat sasaran.

Teman Jadikan Ajang beriklan

Koneksi atau teman bisa dijadikan orang yang bisa mengembangkan usaha anda. Tentunya dalam hal ini lewat cara mulut ke mulut, karena teman anda pasti mempunyi teman yang lain, teman yang lain juga mempunyai teman yang lainya lagi, begitu seterusnya.

Lakukan Semua Dengan Hati

Semua yang dilakukan dengan hati pastinya akan mendapatkan hasil yang lebih baik.
Itulah beberapa strategi dalam merintis usaha rumahan, dan yang perlu anda tekankan adalah bahwa anda bos dalam usaha tersebut. Jadi, maju atau tidaknya usaha adalah berkat diri anda sendiri. Selamat mencoba, dan semoga usaha anda berkembang sesuai yang diinginkan.

0 Response to "Memulai Usaha Rumahan "